Tips Ampuh Mengatasi Kulit Melepuh Tanpa Kecap atau Pasta Gigi

Saat kulit terkena air panas tanpa sengaja, banyak orang memilih pasta gigi sebagai cara untuk meredakan efek dari kejadian tersebut. Namun, tidak hanya air panas yang bisa menyebabkan kulit melepuh, sentuhan dengan benda-benda panas seperti knalpot atau alat masak juga dapat mengakibatkan hal yang sama. Baru-baru ini, viral seorang wanita yang terkena air panas di tangannya dan suaminya menyarankan untuk menggunakan kecap manis sebagai obatnya.

Menurut Certified Health Coach, dr. Dion Haryadi, pengobatan luka bakar dengan pasta gigi, kecap, atau minyak hanyalah mitos belaka. Dr. Dion menyarankan untuk merendam tangan atau bagian tubuh yang terluka akibat panas dalam air mengalir selama 20-30 menit. Hal ini akan membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak.

Setelah direndam dalam air mengalir, dr. Dion menyarankan untuk menggunakan shooting gel, gel lidah buaya, atau krim antibiotik untuk meredakan kulit yang melepuh. Namun, jika luka bakarnya sudah parah dan luas, sebaiknya segera dibawa ke IGD untuk perawatan lebih intensif.

Dr. Dion juga menyarankan untuk membungkus luka bakar menggunakan plastik bungkus makanan sebelum dibawa ke IGD. Pastikan pembungkusnya tidak terlalu ketat, namun cukup untuk melindungi luka sebelum mendapatkan perawatan medis yang lebih lanjut.

Jadi, jangan percaya mitos tentang pengobatan luka bakar dengan pasta gigi atau kecap. Yang terbaik adalah merendam luka dalam air mengalir dan memberikan perawatan medis yang sesuai. Jika luka bakar terasa parah, jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis yang kompeten. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Kiriman serupa